5 Patung Buddha Tertinggi

Pernah liat patung Buddha? Bagaimana jika patung Buddha itu dibangun sampai ratusan meter? Kebayang? Penasaran bagaimana bentuk dan seberapa tinggi patung-patung tersebut, berikut adalah lima patung Buddha tertinggi di dunia:

1. Patung pertama bernama Spring Temple Buddha. Patung yang menggambarkan Buddha Vairocana ini terdapat di Lushan, Henan, China. Tinggi keseluruhan patung ini mencapai 153 meter atau sekitar 502 kaki. patung ini selesai dibangun pada tahun 2002.

2. Patung kedua bernama Laykyun Setkyar. Patung yang menggambarkan Buddha dalam keadaan posisi berdiri ini terdapat di desa Khatakan Taung, near Monywa, Myanmar. Tinggi keseluruhan patung ini mencapai 130 meter atau sekitar 427 kaki. Patung ini mulai dibangun pada tahun 1996 dan selesai pada tanggal 21 Februari 2008.
3.Patung ketiga bernama Ushiku Daibutsu. Patung yang menggambarkan Buddha Amitabha ini terdapat di Ushiku, Ibaraki Prefecture, Japan. Tinggi keseluruhan patung ini mencapai 120 meter atau sekitar 394 kaki. Patung ini selesai dibangun pada tahun 1995.
4. Patung keempat bernama Nanshan Haishang Guanyin. Patung yang menggambarkan Guan Yin/Kuan Im  atau dikenal juga dengan Avalokitesvara ini terdapat di Sanya, Hainan, China. Tinggi keseluruhan patung ini mencapai 108 meter atau sekitar 354 kaki. Patung ini selesai dibangun pada tahun 2005.
5. Patung kelima bernama Sendai Daikannon. Patung yang menggambarkan Guan Yin atau Avalokitesvara ini terdapat di Sendai, Miyagi Prefecture, Japan. Tinggi keseluruhan patung ini mencapai 100 meter atau sekitar  328 kaki.





0 komentar:

Posting Komentar