Pada zaman
penjajahan Belanda, di Indonesia hanya dikenal adanya tiga agama yakni agama
Kristen Protestan, Katolik dan Islam sedangkan agama Buddha tidak
disebut-sebut. Hal ini adalah salah satu sikap Pemerintah Kolonial Belanda
waktu itu. Dengan demikian agama Buddha dapat dikatakan sudah sirna di bumi
Indonesia, tetapi secara tersirat di dalam hati nurani bangsa Indonesia, agama
Buddha masih tetap terasa antara ada dan tiada.
Pada zaman
pemerintahan kolonial Belanda di Jakarta didirikan Perhimpunan Theosofi oleh
orang-orang Belanda terpelajar. Tujuan dari Theosofi ini mempelajari inti kebijaksanaan
semua agama dan untuk menciptakan inti persaudaraan yang universal. Theosofi mengajarkan
pula kebijaksanaan dari agama Buddha, di mana seluruh anggota Thesofi tanpa
memandang perbedaan agama, juga mempelajari agama Buddha. Dari ceramah-ceramah
dan meditasi agama Buddha yang diberikan di Loji Theosofi di Jakarta, Bandung,
Medan, Yogyakarta, Surabaya dan sebagainya, agama Buddha mulai dikenal,
dipelajari dan
dihayati. Dari sini lahirlah penganut agama Buddha di Indonesia, yang setelah Indonesia merdeka mereka menjadi pelopor kebangkitan kembali agama Buddha di Indonesia.
dihayati. Dari sini lahirlah penganut agama Buddha di Indonesia, yang setelah Indonesia merdeka mereka menjadi pelopor kebangkitan kembali agama Buddha di Indonesia.
Dalam zaman
penjajahan Belanda, di Jakarta timbul pula usaha untuk melestarikan ajaran
agama Buddha, Khong Hucu dan Lautse dan usaha mana kemudian lahir Organisasi
Sam Kauw Hwee yang bertujuan untuk mempelajari ketiga ajaran agama dan
kepercayaan tersebut. Dari sini pula kemudian lahir penganut agama Buddha, yang
dalam zaman kemerdekaan agama Buddha bangkit dan berkembang. Dalam tahun 1932 di Jakarta
telah berdiri International Buddhist Mission Bagian Jawa dengan Yosias van
Dienst sebagai Deputy Director Generalnya. Tahun 1934 telah diangkat A. van der
Velde di Bogor dan J. W. de Wilt di Jakarta masing-masing sebagai Asistant Director
yang membantu Yosias van Dienst.
Setahun sebelum berdirinya International Buddhis Mission Bagian Jawa, tepatnya tahun 1931, di Jakarta terbit majalah Mustika Dhamia yang dipimpin oleh Kwee Tek Hoay. Majalah Mustika Dharma memuat tentang pelajaran Theosofi, tentang agama Islam, tentang
sari pelajaran dan Yesus, ajaran Krisnamurti, terutama mengenai ajaran agama Buddha (Buddha Dhamia), Khonghucu dan Lautse. Majalah Mustika Dharma besar jasanya dalam menyebar luaskan kembali agama Buddha, sehingga agama Buddha mulai dikenal, imengerti, dihayati dan diamalkan dalam kehidupan. Atas prakarsa dari Kwee Tek Hoay kemudian lahir organisasi Sam Kauw, organisasi yang mempelapori kebangkitan agama Buddha disamping Perhimpunan Theosofi Indonesia, dan Pemuda Theosofi Indonesia, setelah Indonesia merdeka.
Tanggal 4
Maret 1934 Narada Thera menginjakkan kakinya di pelabuhan Tanjung Priok,
disambut oleh Yosias van Dienst dan Tjoa Hin Hoay dan beberapa umat Buddha.
Narada Thera adalah bikhhu yang pertama datang dari luar negeri setelah
berselang kira-kira lima
ratus tahun. Narada Thera telah memberikan ceramah agama Buddha di loji-loji Theosofi dan di Klenteng-klenteng di Bogor, Jakarta, Yogya, Solo dan Bandung. Di Candi Borobudur pada tanggal 10 Maret 1934 Narada Thera turut hadir dalam upacara penanaman pohon bodhi
yang cangkokannya dibawa oleh lr. Meertenas dari Buddhagaya, India. Pohon bodhi yang telah tumbuh besar di Candi Borobudur itu kemudian dimatikan, karena merusak bangunan candi. Duta Besar Srilangka menyerahkan lagi cangkokan pohon. Pohon bodhi tersebut ditanam di kawasan luar Candi Borobudur disaksikan oleh Gubernur Supardjo Rustam. Pohon bodhi dari Duta Besar Srilangka itu adalah cangkokan dari pohon bodhi yang sampai sekarang masih tumbuh di Anuradhapura di Srilangka yang dahulu dibawa oleh Raja Mahinda ke Srilangka.
ratus tahun. Narada Thera telah memberikan ceramah agama Buddha di loji-loji Theosofi dan di Klenteng-klenteng di Bogor, Jakarta, Yogya, Solo dan Bandung. Di Candi Borobudur pada tanggal 10 Maret 1934 Narada Thera turut hadir dalam upacara penanaman pohon bodhi
yang cangkokannya dibawa oleh lr. Meertenas dari Buddhagaya, India. Pohon bodhi yang telah tumbuh besar di Candi Borobudur itu kemudian dimatikan, karena merusak bangunan candi. Duta Besar Srilangka menyerahkan lagi cangkokan pohon. Pohon bodhi tersebut ditanam di kawasan luar Candi Borobudur disaksikan oleh Gubernur Supardjo Rustam. Pohon bodhi dari Duta Besar Srilangka itu adalah cangkokan dari pohon bodhi yang sampai sekarang masih tumbuh di Anuradhapura di Srilangka yang dahulu dibawa oleh Raja Mahinda ke Srilangka.
Java
Buddhist Association yang telah menerbitkan majalah Namo Buddhaya dalam bahasa
Belanda telah banyak menarik perhatian dan minat orang-orang Cina, yang pada
waktu itu telah banyak menganut agama lain, dan telah mengganti tradisi serta
adat istiadat leluhurnya dengan kebiasaan Barat. Kemudian tahun 1932 Kwee Tek
Hoay membentuk Sam Kauw Hwee yang anggotanya terdiri dari penganut agama Buddha,
Khonghucu dan Laocu. Sam Kauw Hwee menerbitkan majalah Sam Kauw Gwat Po dalam
bahasa Indonesia. Setelah Indonesia merdeka, Sam Kauw Hwee kehilangan Ketuanya
dengan meninggalnya Kwee Tek Hoay tahun 1952. Sam Kauw Hwee lalu diorganisir
kembali dengan masuknya beberapa organisasi kedalamnya, antara lain Tian Lie
Hwee dibawah pimpinan Ong Tiang Biauw yang kemudian menjadi Bhikkhu Jinaputta. Sam
Kauw Hwee kemudian menjadi Gabungan Sam Kauw Indonesia (GSKI) dengan Ketuanya
yang pertama adalah The Boan An, yang sekarang
dikenal sebagai Maha Sthavira Ashin Jinarakkhita Maha Thera. Dalarn tahun 1962 dibawah pimpinan Drs. Khoe Soe Khiam, GSKI dirubah namanya menjadi Gabungan Tri Dharma Indonesia dengan majalahnya bernama Tri Budaya.
dikenal sebagai Maha Sthavira Ashin Jinarakkhita Maha Thera. Dalarn tahun 1962 dibawah pimpinan Drs. Khoe Soe Khiam, GSKI dirubah namanya menjadi Gabungan Tri Dharma Indonesia dengan majalahnya bernama Tri Budaya.
Perkembangan
Agama Buddha Sejak Kemerdekaan R.I.
Perhimpunan
Theosofi y.ang bertujuan untuk membina persaudaraan universal melalui
penghayatan pengetahuan tentang semua agama termasuk agama Buddha, telah
menarik perhatian dan minat orang-orang Indonesia terpelajar. Dari mempelajari
agama Buddha kemudian timbullah dorongan untuk menghayati dan mengamalkan
ajaran agama Buddha. Dari sinilah bermulanya orang-orang Indonesia terpelajar mengenal
agama Buddha sampai akhirnya menjadi penganut Buddha Dharma. Orang-orang
Indonesia terpelajar yang kemudian menjadi umat Buddha melalui Theosofi antara
lain M.S. Mangunkawatja, Ida Bagus Jelanti, The Boan An, Drs. Khoe Soe Khiam,
Sadono, R.A. Parwati, Ananda Suyono, I Ketut Tangkas, Slamet Pudjono,
Satyadharma, lbu Jamhir, Ny. Tjoa Hm Hoey, Oka Diputhera dan lain-lainnya.
Meskipun theosofi tidak bertujuan untuk membangkitkan kembali agama Buddha narnun
dari theosofi ini lahir penganut agama Buddha yang kemudian setelah Indonesia
merdeka menjadi pelopor kebangkitan kembali agama Buddha di Indonesia. Karena
itu baik Perhimpunan Theosofi Indonesia maupun Perhimpunan Pemuda Theosofi
Indonesia secara tidak langsung mempunyai andil yang besar dalam kebangkitan
kembali agama Buddha di Indonesia.
The Boan An
yang menjadi pimpinan GSKI dan Perhimpunan Pemuda Theosofi Indonesia, kemudian
ditahbiskan menjadi Bhikkhu di Burma dengan nama Bhikkhu Ashin Jinarakkhita.
Sejak 2500 tahun Buddha Jayanti, tepatnya tahun 1956 saat kebangkitan kembali
agama Buddha di bumi Indonesia, Bhikkhu Ashin Jinarakkhita-lah yang memimpin
kebangkitan kembali agama Buddha ke seluruh lndonesia. Karena itu Bhikkhu Ashin
Jinarakkhita dinyatakan sebagai Pelopor Kebangkitan agama Buddha secara
nasional di Indonesia. Dari bhikkhu Ashin Jinarakkhita lahir tokoh-tokoh umat
Buddha di Indonesia seperti Sariputra Sadono, K. Karbono, Soemantri MS, Suraji Ariakertawijaya,
Oka Diputhera, I Ketut Tangkas, Ida Bagus Gin dan pimpinan Buddha lainnya yang
sampai sekarang masih aktif dalam organisasi Buddhis dan ada pula di antaranya
telah menjadi Bhikkhu scperti Ida Bagus Gin vane sekarang dikenal dengan nama
Bhikkhu Girirakkhito.
Jadi dari
Gabungan Tri Dharma Indonesia dan Perhimpunan Theosofi Indonesia serta
Perhimpunan Pemuda Theosofi Indonesia lahir penganut-penganut agama Buddha yang
kemudian bersama-sama dengan Bhikkhu Ashin Jinarakkhita mempelopori kebangkitan
kembali agama Buddha dalam tahun kebangkitannya yakni tahun 1956. Nama-nama
yang mendampingi Bhikkhu Ashin Jmarakkhita dalam mempelopori kebangkitan kembali
agama Buddha dalam era 2500 tahun Buddha Jayanti tahun 1956 antara lain M.S.
Mangunkawatja, Sariputra Sadono, Sasanasobhana, Sosro Utomo, I Ketut Tangkas,
Ananda Suyono, R.A. Parwati, Satyadharma, lbu Jayadevi Djamhir, Pannasiri Go
Eng Djan, Ida Bagus Giri, Drs. Khoe Soe Khiam, Ny. Tjoa Hin Hoey, Harsa
Swabodhi, Krishnaputra, Oka Diputhera dan sebagainya. Organisasi Buddhis yang
mempersiapkan kebangkitan kembali agama Buddha di Indonesia adalah
International Buddhis Mission Bagian Jawa dibawah pimpinan Yosias van Dienst,
yang banyak mendapat bantuan dari Perhimpunan Theosofi dan Gabungan Sam Kauw.
Organisasi
Buddhis yang mempelopori kebangkitan dan perkembangan agama Buddha di Indonesia
sejak tahun 1950-an ialah Persaudaraan Upasaka-Upasika Indonesia (PUUI) yang
diketuai oleh Sariputra Sadono, kemudian oleh Karbono, Soemantri MS, Oka
Diputhera (Sek. Jen) sampai kemudian berganti nama menjadi Majelis Ulama Agama Buddha
Indonesia (MUABI) yang kemudian menjadi Majelis Upasaka Pandita Agama Buddhayana
Indonesia. Yang membentuk PUUI adalah Bhikkhu Ashin Jinarakkhita dalam tahun
1954, sebagai pembantunya dalam menyebarkan agama Buddha di Indonesia.
Kemudian
Bhikkhu Ashin Jinarakkhita merestui berdirinya Perhimpunan Buddhis Indonesia
tahun 1958 dengan Ketua Urnunanya Sariputra Sodono dan Sek. Jen. Sasana
Sobhana. Kemudian Ketua Umum PERBUDHI adalah Soemantri MS dengan Sek. Jen. Oka
Diputhera.
Perbudhi kemudian dilebur menjadi Budhi bersama-sama dengan organisasi Buddhis lainnya.
Dalam tahun 1958 berdiri Sangha Suci Indonesia yang kemudian ganti nama menjadi Maha Sangha Indonesia. Maha Sangha Indonesia kemudian pecah melahirkan Sangha Indonesia. Dengan demikian di Indonesia terdapat dua Sangha yakiri Maha Sangha Indonesia dan
Sangha Indonesia. Maha Sangha Indonesia dipimpin oleh Bhikkhu Ashin Jinarakkhita dan
Sangha Indonesia dipimpin oleh Bhikkhu Girirakkhito.
Perbudhi kemudian dilebur menjadi Budhi bersama-sama dengan organisasi Buddhis lainnya.
Dalam tahun 1958 berdiri Sangha Suci Indonesia yang kemudian ganti nama menjadi Maha Sangha Indonesia. Maha Sangha Indonesia kemudian pecah melahirkan Sangha Indonesia. Dengan demikian di Indonesia terdapat dua Sangha yakiri Maha Sangha Indonesia dan
Sangha Indonesia. Maha Sangha Indonesia dipimpin oleh Bhikkhu Ashin Jinarakkhita dan
Sangha Indonesia dipimpin oleh Bhikkhu Girirakkhito.
Tahun 1974
atas prakarsa Direktur Jendral Bimbingan Masyarakat Hindu dan Buddha, Gde Pudja
MA, telah diadakan perternuan antara Maha Sangha Indonesia dan Sangha
Indonesia. Hasil dan perternuan tersebut melahirkan Sangha Agung Indonesia
yakni gabungan dari Maha Sangha Indonesia dan Sangha Indonesia. Sebagai Maha
Nyaka Sangha Agung Indonesia terpilih Sthavira. Ashin Jinarakkhita. Kemudian
setelah Kongres Umat Buddha Indonesia di Yogyakarta, di Indonesia terdapat tiga
kelompok Sangha, yakni Sangha
Agung Indonesia, Sangha Theravada Indonesia dan Sangha Mahayana Indonesia yang sernuanya tergabung dalam Perwakilan Umat Buddha Indonesia (WALUBI).
Agung Indonesia, Sangha Theravada Indonesia dan Sangha Mahayana Indonesia yang sernuanya tergabung dalam Perwakilan Umat Buddha Indonesia (WALUBI).
Sangha
Mahayana Indonesia dibentuk tahun 1978. Dewasa ini pengurusnya terdiri atas
Bhiksu Dharmasagaro (Ketua Urnum), Bhiksu Dharmabatama (Ketua 1), Bhiksu
Sakyasakti (Ketua II), Bhiksu Dutavira (Sekretaris Urnum), Bhiksu Dhyanavira (Sekretaris
1) dan Bhiksu Andhanavira (Sekretaris II). Sangha Mahayana Indonesia inilah yang,
mencetuskan ide pembangunan Pusdikiat Buddha Mahayana Indonesia. Cita-cita
Sangha adalah menyebarluaskan ajaran Buddha Mahayana di Indonesia dengan
menggunakan bahasa Indonesia serta menterjemahkan kitab-kitab suci agama Buddha
ke dalam bahasa
Indonesia.
Indonesia.
Mengingat
upacara-upacara ritual agama Buddha dewasa ini urnumnya masih menggunakan
aksara Mandarin, maka sejak 1982 Bhiksu Dutavira dengan tidak mengenal lelah
dan dengan kemampuan terbatas yang dimikinya berusaha mengembalikan
bentuk-bentuk upacara dalam
aksara Sansekerta serta bahasa Indonesia. Hal ini telah diterapkan di II propinsi di Indonesia dengan memperoleh sambutan antusias sekali, khususnya dari para umat Buddha Mahayana. Apa yang dilakukan oleh Bhiksu Dutavira selama 4 tahun itu boleh dikatakan semacam merintis proyek pilot Pusdiklat Mahayana.
aksara Sansekerta serta bahasa Indonesia. Hal ini telah diterapkan di II propinsi di Indonesia dengan memperoleh sambutan antusias sekali, khususnya dari para umat Buddha Mahayana. Apa yang dilakukan oleh Bhiksu Dutavira selama 4 tahun itu boleh dikatakan semacam merintis proyek pilot Pusdiklat Mahayana.
Kini dirasa
semakin mendesak untuk meningkatkan proyek pilot tadi dalam bentuk pusdikiat
modern yang serba lengkap dan yang didukung pula oleh para akhli agama Buddha
baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Rencana ini telah memperoleh izin
prinsip dari
Departemen Agama R.I. cq. Ditjen Bimas Hindhu-Buddha
Departemen Agama R.I. cq. Ditjen Bimas Hindhu-Buddha
1 comments:
Top 10 Casinos & Hotels near Casino Vr (NV) - Mapyro
A list of all recommended 하남 출장안마 casinos in 순천 출장샵 Vr. Find the 동해 출장안마 best slots, 의정부 출장마사지 poker room, restaurants, and other popular places 대구광역 출장안마 to play near Casino Vr in NV.
Posting Komentar